Selasa, 22 Agustus 2017

Klasifikasi Jaringan Komputer berdasarkan Fungsi

Klasifikasi Jaringan Komputer berdasarkan Fungsi - Berdasarkan fungsi, jaringan komputer terbagi menjadi dua, yaitu; jaringan komputer Klien-server (Client-server) dan jaringan komputer Ujung ke ujung (Peer-to-peer).

jaringan komputer klien-server pada dasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client).

Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer client harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya.

Jika komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan dapat disiapkan lebih dari satu komputer menjadi server (peladen), sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database server dan sebagainya.

Tentu saja pengaturan (konfigurasi) komputer peladen biasanya lebih dari pengaturan (konfigurasi) komputer client baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras (hard disk), atau bhkan kecepatan prosessornya.

Sedangkan jaringan komputer ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian juga harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya.

Model jaringan komputer ini biasanya hanya dapat diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet apabila komputer terlalu banyak.

Artikel berkaitan;

Related : Klasifikasi Jaringan Komputer berdasarkan Fungsi

0 comments:

Posting Komentar