Rabu, 23 Agustus 2017

7 Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum

Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum - Jika Anda mencari di Internet tentang manfaat jaringan komputer, maka akan banyak hasil pencarian yang membahas manfaat jaringan komputer.



Namun pada artikel ini saya akan membahas manfaat jaringan komputer secara singkat tapi jelas!

1. Resource Sharing
dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama. Contohnya Anda berada 100 km jauhnya dari suatu data dan Anda tidak akan merasa sulit untuk mendapatkan data tersebut. Karena dengan jaringan komputer seolah-oleh anda berada di dekat data tersebut. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.

2. Reliabilitas tinggi
Maksudnya, dengan jaringan komputer Anda akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atau lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga apabila salah satu mesin rusak, maka salinan data di mesin yang lain bisa Anda gunakan.

3. Menghemat uang atau anggaran
Perangkat dan data yang dapat dibagikan akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang di tiap-tiap unit komputer.

4. Berbagi perangkat keras
berbagai perangkat keras seperti hardisk, printer, CD-ROM, Drive,dan modem dapat digunakan bersama-sama oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasangnya kembali. Peragkat keras cukup dipasangkan pada sebuah komputer atau dihubungkan pada suatu peralatan khusus agar semua komputer dapat mengaksesnya.

5. Berbagai program atau data
Program dan data bisa disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server. Dengan cara ini akan memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidak konsistenan.

6. Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya jaringan komputer, manfaat yang bisa diperolah adalah komunikasi dapat dilakukanlebih cepat. Pra pemakai komputer dapat mengirim Email dengan mudah bahkan dapat berbicara secara lansung melalui text atau chating ataupun telekonferasi.

7. Memudahkan pengaksesan imformasi
Jaringan komputer memudahakan pengaksesan informasi. Anda dapat bepergian ke mana saja Anda mau dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika anda membutuhkannya. Perkembangan internet salah satu implementasi jaringan yang terbesar didunia, memungkinkan segala imformasi yang ada di dunia bisa dengan mudah didapatkan.

Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum






Artikel berkaitan;

Related : 7 Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum

0 comments:

Posting Komentar