Minggu, 15 Juli 2018

Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya

Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya - Kartu jaringan adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis kartu jaringan yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni kartu jaringan yang bersifat fisik, dan kartu jaringan yang bersifat logis.

Contoh kartu jaringan yang bersifat fisik adalah kartu jaringan Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara kartu jaringan yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter.

Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis kartu jaringan diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya
Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya

kartu jaringan fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. 

Baca juga: Bagian bagian Motherboard
Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, kartu jaringan fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile).

Kartu kartu jaringan Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:

Kartu kartu jaringan dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific kartu jaringan): yang membedakan kartu kartu jaringan menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah kartu jaringan Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).

Kartu kartu jaringan dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific kartu jaringan): yang membedakan kartu kartu jaringan menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan.

Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan kartu jaringan yang berbeda-beda.

Kartu kartu jaringan Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik.
Pengertian Topologi Ring beserta Gambarnya

kartu jaringan logis merupakan jenis kartu jaringan yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah kartu jaringan.

Contoh dari perangkat kartu jaringan logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX, terinstalasi secara default, dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows).

Kartu kartu jaringan logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi.


Related : Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya

0 comments:

Posting Komentar