Selasa, 22 Agustus 2017

Pengertian Jaringan Komputer dan Contohnya

Pengertian Jaringan Komputer dan Contohnya - Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuan dari jaringan komputer, maka setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta layanan dan memberikan layanan (service).

Pihak yang meminta/menerima layanan dinamakan dengan klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan dinamakan dengan peladen (server).Desain tersebut dinamakan dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan atau LAN Card, selanjutnya dihubungkan dengan kabel maupun nirkabel sebagai media transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.

Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan perangkat tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai perangkat keras jaringan lainnya.

Artikel berkaitan:

Related : Pengertian Jaringan Komputer dan Contohnya

1 comments: